Berubah

“Om Jevan berubah.” Keluh Reksa sambil mengaduk-aduk minumannya dengan sedotan. Ia dan Chandra baru saja selesai menonton film di bioskop dan kini tengah bersantai di salah satu cafe di Jalan Braga.

“Siapa tau dia emang sibuk.”

Reksa sontak menggeleng. “Dari dulu juga dia sibuk, tapi selalu sempetin nengok gue minimal sebulan sekali.”

“Mungkin ngerasa lo udah gede, Sa. Udah bisa ngurus diri sendiri. Masa mau selamanya dikasih perlakuan sama kayak anak baru lulus?”

“Tapi dia bahkan udah gak pernah nanyain kabar gue. Terakhir nelpon cuma nanya uang bulanan udah ketransfer atau belom.”

“Ya... gatau deh,” Chandra juga pusing, “daripada lo galau di sini mending lo nanya langsung ke orangnya.”

Reksa menyeruput habis kopinya sambil cemberut, “Kalau berani sih udah gue tanyain dari kapan-kapan.”

“Lah, kenapa harus takut? Om Jevan kan udah kayak bapak kandung lo.”

“Takut dia cape ngurusin gue. Takut dia ngerawat gue selama ini cuma karena permintaan Mama sebelum meninggal. Gini-gini gue juga nyadar kali, kalo gue itu beban.”

“Heh!” Chandra menempeleng kepala temannya kesal, dibalas aduhan Reksa.

“Lo ngapain mukul gue, anjir?!” Teriak Reksa.

“Ya lo mikir lah goblok, dia paman lo. Keluarga lo. Emang seharusnya dia ngurus lo, kan?”

“Tapi keluarga Mama yang lain ga ngurus gue, tuh?!”

“Ya itu mah merekanya yang goblok!” Chandra menepuk meja saking kesalnya.

“Kok lo jadi ngatain gue sekeluarga sih?!”

“Udah lah Reksa, lo jangan mikir macem-macem. Om Jevan sayang sama lo, lo bukan beban. Kalo dia nganggep lo beban udah ditinggalin dari kapan-kapan kali, toh Mama lo juga ga akan tau dia ngejalanin wasiatnya beneran atau engga.” Chandra menyentil kening Reksa. “Sekali lagi lo ngerendahin diri sendiri gue telpon langsung Om Jevannya, marahin dia. Enak aja bikin temen gue galau mulu.”

Reksa baru saja akan terharu,

“Udah jelek kan jadi tambah jelek. Pantes gak ada yang mau.”

“NGACA LO!”