Lima belas


Tags: Mention of cheating and divorce.


Jam lima sore lewat tiga menit; Jimin akhirnya bisa pulang.

Apron kerja warna cokelat yang dia pake langsung dia lepas terus disimpan di tempat semestinya.

Setelah itu dia ngambil sisir kecil dari dalam tas buat ngerapihin rambutnya yang agak berantakan.

Tentu gak ketinggalan parfume khas vanilla, dua sampai tiga semprot dia pake. Biar wangi, katanya.

Jimin keluar dari cafe lalu duduk di kursi pengunjung outdoor. Sambil duduk Jimin mencoba menerka nerka kira-kira Yoongi mau ngomong apa ya?

Bisa-bisanya dia gak berhenti degdegan padahal siapa tau Yoongi cuma mau ngomongin perihal—entahlah.

Jimin gak ngelanjutin terkaannya soalnya mobil item familiar udah berenti di depan dia.

Kacanya ngebuka lantas kepala dari pemiliknya nongol, senyum ramah sama Jimin.

Yang disenyumin bergeming—terkesima sama Ayah dari temennya itu. Tampan, batinnya.

“Hi, Ji.” Sapa Yoongi setelah turun dari mobil dan ngebukain pintu buat Jimin, “ayok masuk.” lanjutnya.

“Saya bisa buka sendiri padahal, Om.” Cicit Jimin dengan nada canggung, “terima kasih.” lanjutnya seraya masuk dan duduk di kursi penumpang depan.


Di salah satu restoran terkenal sebogor raya sekarang Yoongi dan Jimin berada, mereka lagi makan sambil ngobrol-ngobrol ringan.

Tempatnya nyaman. Gak tau karena kebetulan atau gimana, restoran itu pengunjungnya bener bener cuma mereka aja.

“Ji?”

“Iya?”

“Saya mau cerita boleh?”

“Silahkan, Om.”

Makanan Jimin udah abis, piringnya dia geser ke samping biar bisa nyaman dengerin Yoongi cerita.

“Sejak Jungkook kecil—mungkin umur sembilan atau sepuluh tahun sampai dia remaja, Mamanya senang sekali selingkuh sama lelaki lain.”

Jimin sedikit kaget tapi mencoba bersikap sewajarnya. Dia tetep dengerin Yoongi cerita perihal Mama Jungkook yang selalu selingkuh dari Yoongi.

“Saya gak tau penyebabnya apa. Nafkah batin dan materinya padahal selalu saya penuhi. Tapi setelah saya pikir-pikir, mungkin kembali lagi ke fitrah manusia—sifat yang ngga baiknya mungkin memang seperti itu.”

“Saya memaafkan dan mempertahankan Istri saya karena Jungkook. Tapi semakin dia tumbuh jadi remaja, semakin dia mengerti. Dia tau sikap Mamanya. Sampai akhirnya dua tahun yang lalu saat Jungkook masih kelas tiga SMA, saya dan Istri saya cerai atas permintaan Jungkook sendiri.”

Jimin mendengarkan dengan baik. Dia sebenarnya bingung harus menempatkan diri seperti apa. Karena apa yang sekarang dia dengerin itu seharusnya tetep jadi rahasia keluarga. Mengingat Jungkook aja gak pernah cerita soal ini.

“Saya ikut merasakan perasaan Om dan Jungkook. Semoga setelah ini kalian selalu bahagia, ya.”

Yoongi tersenyum, “Terima kasih, Ji. Dan saya harap, kamu mau jadi alasan bahagia itu ada.” ucapnya.

Mendengar itu Jimin bingung lagi, karena kenapa harus dia yang jadi alasan bahagia?

“Kenapa saya ya, Om?”

“Ji?”

“Iya?”

“Saya sadar usia kamu masih sangat muda. Kamu bahkan seumuran sama anak saya, dua puluh tiga tahun. Jadi usia kamu dan saya itu terpaut jauh dua puluh tahun. Dan menurut kamu, Ji, apa saya pantas jatuh cinta sama kamu?”

Jimin sedikit mengerjap. Kali ini dia degdegan banget, jantungnya kaya mau loncat.

“Perbedaan usia bukan tolak ukur kita buat jatuh cinta. Kalo saya boleh tau, kenapa Om jatuh cinta sama saya?”

“Saya gak bisa jelasin semuanya, Ji. Intinya saya jatuh cinta sama perangai kamu yang baik, sama mata kamu yang cantik dan kamu itu..

Lucu banget. Saya gemes.”

“Mangkannya saya ceritain masa lalu saya sama kamu, Ji, biar kamu tau dan bisa jadi pertimbangan—apa kamu mau menerima cinta saya?”

Rasanya kali ini Jimin bener-bener mau cosplay aja jadi keset welcome.

“Jujur. Saat ini saya emang lagi gak menyimpan perasaan saya sama siapapun, termasuk sama Om. Niatnya saya mau fokus kerja aja. Tapi, karena saya rasa Om tulus cinta sama saya..

Saya akan coba untuk terima.”

Yoongi tersenyum mengembang hingga gigi biji timunnya yang rapi terlihat jelas. Om-om itu bahagia.

“Kamu mau pacaran dulu atau langsung menikah?”

Agak kaget, tapi Jimin berusaha bersikap santai.

“Pacaran dulu aja, Om. Saya harus menyiapkan diri saya dulu. Selain itu, kita harus punya persetujuan dari Jungkook.”

Ah benar sekali, Jungkook. Lelaki bak kelinci itu harus menerima Jimin dulu baru Yoongi dapat mengikat Jimin ke hubungan yang lebih serius.

“Iya kamu benar. Tidak apa-apa sekali pacaran dulu juga. Saya senang.

Jadi, jangan panggil sama Om, please?

Nada suara Yoongi memohon, matanya dibuat bulat terang dengan bibir yang mengerucut.

Kok bisa Yoongi seperti itu? Batin Jimin.

“Oke.. saya panggil Mas Yoongi aja, gimana?”

It sounds good.

Saya panggil kamu sayang, boleh?”

<>