Agar Orang Mau Melakukan Apa Yang Kamu Mau

Kemarin, saya diminta oleh salah seorang rekan kerja untuk mengupdate rekap laporan data audit.

Bagi saya, pekerjaan ini adalah pekerjaan mudah. Namun saya agak ogah-ogahan untuk segera menyelesaikannya.

Alasannya sederhana. Pertama, memangnya ini kerjaan saya? Kedua, yang minta ini adalah orang yang secara level posisi setara dengan saya, bedanya dia lebih senior. Ketiga, saya nggak paham, kenapa kok saya harus bantu dia menyelesaikan tugas itu.

Buat saya pribadi, alasan ketiga ini lah yang paling penting. What's in it for me kalau istilah kerennya.

Pencerahan

Keesokan harinya ketika saya berdiskusi dengan manager baru saya, barulah saya paham tentang fungsi dari posisi saya dan bahwa tugas tersebut memang bagian dari pekerjaan saya.

Kemudian, tanpa disuruh lagi saya segera menyelesaikan tugas tersebut.

Take Away

Pernah nggak kamu merasakan apa yang saya rasakan?

Mengerjakan sesuatu tanpa tahu kenapa kita harus luangkan waktu, tenaga, pikiran kita di situ?

Males kan ya jadinya.

Poin saya di sini adalah bila kita ingin orang memberikan waktu, tenaga, dan pikiran mereka melakukan sesuatu yang kita minta, kita perlu terlebih dahulu meluangkan waktu, tenaga, dan pikiran kita untuk 'memberi tahu' mereka kenapa dan manfaatnya buat mereka.

Orang itu egois. Satu-satunya yang mereka pentingkan adalah diri mereka.

Jadi, kenapa nggak kita berikan apa yang mereka mau supaya mereka mau melakukan apa yang kita mau?