Jangan Kemaruk

Apa yang kamu suka belum tentu baik untukmu dan begitu pula sebaliknya.

Sebuah nasehat bijak dari Sang Maha Bijak dalam firman-Nya.

Ada kalanya ketika kita menyukai sesuatu, kita begitu menggebu-gebu dalam mengerjakannya. Kadang sangking nafsunya, tanpa sadar kita sedang mengorbankan hal lain yang bisa jadi lebih berharga.

Di kasus saya, nulis.

Saya begitu menyukai aktvitas menuangkan isi pikiran dan membagikannya kepada orang lain. Harapannya agar orang yang membaca ikut terinspirasi.

Namun, di dalam prosesnya tak jarang saya mengorbankan waktu, tenaga, dan perhatian saya 'hanya' supaya saya bisa menulis dan menulis. Semakin banyak tulisan yang saya buat, semakin saya merasa menjadi produktif.

Nyatanya, menulis tidak cuma menulis.

Ada aktifitas lain yang saya kurang sukai dalam proses menulis seperti membaca, melakukan riset, berdiskusi dengan orang lain, wawancara, dan lainnya.

Secara jumlah, tulisan saya memang banyak. Namun apakah bobotnya sudah sejalan dengan banyaknya tulisan yang saya posting di blog?

Huff...terus terang, saya nggak suka jawaban dari pertanyaan retorik ini.