Puasa Untuk Berbuka

Ngapain sih puasa di bulan Ramadhan? Karena wajib? Atau, karena semua orang pada puasa?

Saya punya teman di kantor yang kadang bikin saya heran, puasa tapi yang dipikirin itu adalah tentang kapan berbuka, menunya apa, dan segalanya tentang berbuka puasa.

Moga-moga saya nggak jadi riya' nulis begini...tapi toh nggak ada yang baca, jadi rasanya aman lah 😁.

Yang ada dalam benak saya cuman satu, ngapain sih puasa?

Bukannya salah satu hikmah puasa itu adalah supaya kita bisa memahami, gimana rasanya saudara-saudara kita yang kekurangan, nggak tahu besok makan apa, dsb.

Kita mah santai bisa galau mau menu apa untuk berbuka. Lah mereka, bisa berbuka aja udah bagus.

Salah-salah, puasanya extend gegara nggak ada yang bisa disantap ketika adzan Maghrib dikumandangkan.

Dan mereka juga mungkin nggak bingung sama menu sahurnya...lah nggak ada.

Karena itulah, kadang saya agak miris denger temen saya ini ngeluh menu sahur dan berbuka.

Tapi, ya mungkin dia juga punya alasan sendiri di balik keluh kesahnya. Semoga saja apapun itu nggak mengurangi pahala puasa dia.

Sayang kan kalau puasa cuma dapat lapar dan haus.