bimbingan pertama


Diandra terlambat. Sekarang udah jam 1 lewat 10 menit dan dia baru mau berangkat. Menurut info dari Yeosang, Pak Hongjoong tuh gak bisa menolerir orang yang telat. Dia sangat on time.

Dia lari setelah mengunci kamarnya. Wooyoung melihat temannya yang lari-lari itu ketawa-ketawa tanpa mau repot-repot menolongnya. Salah sendiri keasikan ngobrol sama di kamar Chaeyoung dan lupa kalo hari ini ada bimbingan.

“SUNWOO TOLONG TAHAN PINTUNYA!!!”

Sunwoo yang kagetan, langsung refleks membuka pintu masuk kostan lebar-lebar. Penghuni kostan lain yang lagi makan di meja makan juga kaget mendengar teriakan Diandra tapi gak heran dengarnya karena mereka tuh udah biasa dengarin Diandra—si penghuni lantai 2—teriak-teriakan. Mereka malah ketawa pas lihat Sunwoo yang kaget.

“Anjir, Kak, kaget gue.” Sahut Sunwok saat Diandra melewatinya.

Sorry,Nu, gue buru-buru mau bimbingan. Btw, thanks ya!”

Sunwoo mengangguk. Diandra langsung melipir nyamperin abang ojek online yang udah nunggu di depan kostan.

Kampusnya emang deket dari kostannya cuma butuh 10 menit berkendara. Tapi karena dia udah telat makanya panik.

Setelah nyuruh abang ojek onlinenya ngebut tadi, akhirnya dia sampe di fakultasnya. Dia langsung lari menuju ruangan dosen.

Dia melihat Hwiyoung—teman satu jurusannya—didepan ruangan dosen. “Hwi, lo mau bimbingan?”

“Abis marathon lo?” Tanya Hwiyoung yang melihat Diandra ngos-ngosan.

“Iya anjir. Gue telat mau bimbingan sama Pak Hongjoong.”

“Lo sama Pak Hongjoong juga? Gue juga. Ini gue nungguin dari tadi taunya Pak Hongjoong nya belom balik dari makan siang.”

Diandra melotot. “Demi apa sih?! Cuk, gue udah lari-larian sampe diketawain anak kostan taunya dia belom dateng.”

Hwiyoung terkekeh melihat Diandra ngomel-ngomel. “Lo gak masuk grup bimbingan dia ya? Tadi dia bilang di grup kalo dia masih di luar gitu.”

“Gue bahkan gak tau kalo ada grupnya. Itu dia yang bikin?”

“Enggak. Si Haknyeon yang bikin tapi itu disuruh juga sama Pak Hongjoong.”

Percakapan Diandra dan Hwiyoung terpotong karena Pak Hongjoong datang. Ia meminta satu per satu masuk ke ruangannya untuk bimbingan. Hwiyoung lebih dulu bimbingan setelahnya baru Diandra. Diandra ngasih kode buat Hwiyoung nungguin dia saat Hwiyoung selesai bimbingan. Hwiyoung mengangguk dan menunggu di luar ruangan.

Diandra memberikan TOR yang sudah di revisinya. “Ini, Pak.”

“Kasih softcopynya aja. Sama mau lihat dari softcopynya.”

Diandra menghela nafas lalu memberikan flashdisknya. Dia kesel karena tau gitu ngapain dia repot-repot ngeprint.

Pak Hongjoong langsung mencolokkan flashdisk milik Diandra. Dia langsung mencari file TOR milik Diandra. Setelah dia melihat dan membacanya, segera dia memberikan pengarahan untuk revisian milik Diandra.

“Perbanyak lagi referensinya. Jangan cuma cari dari jurnal kalo bisa kamu baca dari buku. Rumusan masalahnya harus konsisten sama judulnya. Tujuan juga harus mengacu pada rumusan masalahnya. Bab 3 kamu revisi total.” Jelas Pak Hongjoong panjang lebar.

“Baik, Pak.”

“Revisi paling lambat saya tunggu Jumat pekan depan.”

Diandra terkesiap. “Apa gak kecepetan ya, Pak?”

“Kamu mau cepet seminar proposal gak?”

“Eh iya-iya, Pak.”

“Yasudah saya tunggu Jumat pekan depan. Sana kamu boleh keluar.”

“Terimakasih, Pak.”

Pak Hongjoong cuma merespon dengan anggukan. Diandra langsung buru-buru meninggalkan ruangan dosen pembimbingnya itu dengan dongkol.

“Demi apapun tuh dosen nyusahin banget!”

“Diapain lo?”

“Gue disuruh revisian tapi udah harus selesai Jumat depan.”

Hwiyoung terkekeh. “Gercep banget sih. Gue aja disuruh bimbingan dua minggu lagi.”

“Enak banget anjir! Asal lo tau ya, ini sebelumnya udah revisi dan itu cuma dikasih waktu 3 hari!”

“Minggu kemarin lo ngechat dia?”

Diandra menggangguk. “Iya gue nanya buat bimbingan kan. Terus gue disuruh ngirim TOR ke email dia dan Jumat udah direvisi sama dia.”

“Aneh banget padahal anak-anak yang lain ngechat baru pada dibales hari Sabtu terus grup itu juga dibikin kemarin.”

“Hah serius?”

Hwiyoung mengangguk. “Serius. Ini aja yang bimbingan langsung sama dia baru gue doang. Dia bilang digrup hari ini cuma 1 doang yang bisa bimbingan terus yaudah gue ngajuin diri buat bimbingan duluan eh taunya sama lo juga.”

Diandra mengerutkan dahinya. Dia bingung banget sama penjelasan Hwiyoung. Ini Pak Hongjoong nyuruh dia bimbingan terus sedangkan temannya baru sekali bimbingan.

“Tapi enak sih gak harus bimbingan terus. Gue pusing dengerin Pak Hongjong ngomong.” Sambung Hwiyoung.

“Yeu si bloon!”

“Udah sono balik lo. Kerjain tuh revisian biar gak kena sama Pak Hwiyoung.”

“Anterin dong. Gue tadi naik ojol.”

“Nyusahin lu. Tapi yaudah kemon.”

Abis itu Diandra pulang ke kostan sama Hwiyoung.