81.

–by maschanie.

Setelah selesai mengetik ppt sampai 5 slide, Danver menarik tangan gue untuk memesan minuman dan makanan. Sementara Anin dan Rei melanjutkan apa yang tadi dilakukan gue dan Danver. Untungnya, kelompok gue gak ada yang malas, jadinya saat pengerjaan langsung sat set sat set gitu dan gak memakan waktu yang lama. Jadi kalau nantinya mau ber-gosip-ria, gak perlu khawatirin tugas.

“Lo mau pesen yang mana, Le?” tanya Danver, tangannya mengetuk-ngetuk kertas menu agar gue melihat.

“Mau ko…” suara gue terputus karena seseorang yang berhadapan sama gue sedang membulatkan matanya. “Gak ada kopi, yang lain aja. Itu strawberry ada.”

“Aneh kan, Ver?” tanya gue ngeledek. “Masa mau pesen aja gak boleeeeh, payah.”

Danver menutup telinganya seakan-akan memberi isyarat tidak ingin ikut campur apa yang terjadi antara gue dan kak Biru– orang yang tadi melarang gue untuk membeli kopi.

“Yaudah yaudah, yang beli kopi gue aja kak. Americano satu, Latte 1 buat Rei, Strawberrynya 2. Terus makanannya mau apa, le?”


“Le, gantian le. Emosi banget gue si Danver kupingnya kolot!” keluh Anin, mengubah duduknya di samping Rei agar bisa bersandar. Kebetulan kita mengambil tempat duduknya di pojok jadi bisa nyenderan gitu deh. Kalo malam minggu, posisi di pojok ini bakal jadi tempat favoritenya orang-orang, makanya kak Azka suka bulak balik bersihin di ujung karena lebih sering dominan kotornya.

“Ver, denger nih!” ucap gue lebih lantang. Danver mengiyakan, jemarinya sangat lihai untuk mengikuti lomba mengetik.

Kriteria fisiologis, kriteria yang didasarkan pada persamaan jenis kelamin, usia, dan ras. Nah, kalau kriteria kebudayaan itu kriteria yang dimana mencakup kelompok yang diikat oleh persamaan kebudayaan, seperti kelompok Etnik, terus sebutin deh contohnya,” tutur gue.

“Lah udah le? Sampai sebutin contohnya aja? Kita kasih pertanyaan?” tanya Danver yang membuat kepala gue mengeluarkan asap.

“Gantenggggg, maksud gue, itu lo yang sebutin contoh Etniknya, misal, Batak, Sunda, Ambon. Paham sayangkuuuu?”

Rei tertawa keras, begitu juga dengan Anin. “Makanya, Ver, Kalo lagi les jangan cari temen, liatin tuh yang ngajar!”

Danver menghiraukan ejekkan gue dan yang lain, “lanjut lagi Le, abis ini selesai nih.”

Dengerin ya! Kriteria Ekonomi itu kriteria yang dibedakan antara mereka yang memiliki kekuasaan ekonomi dan yang tidak memiliki kekuasaan tersebut. Dan yang terakhir, Kriteria Perilaku yaitu kriteria yang didasarkan pda cacat fisik, cacat mental, dan penyimpangan terhadap aturan masyarakat,” jelas gue lagi.

“Selesai! Tinggal dilihat typonya, terus ditambah apa yang kurang deh. Nanti gue cek pas di rumah. Btw, gosip dong!” ucap Danver yang membuat gue dan Anin tertawa.

“Eh, tau gak kalo Gerald yang pacarnya si Gabriella itu sering pulang bareng sama Zarin yang anak kelas 12 ips.” Rei membuka gosip pertama, gue membulatkan mata gak percaya, kalo ternyata cewe yang di story itu kak Zarin. Oiya, seinget gue, kak Zarin itu naksir abis sama kak Biru, gue tau gosip itu dari kak Cello bestie.

“Eh, Rei! Jangan ngasal kalo ngomong, si Zarin itu kan deketnya sama sama kak Oscar yang yospan, kalo kata anak yospan sih friendzone gitu. Lagian Ella masih sama Gerald. Ngaco lu ah!” jawab Anin tak terima.

“Ah kudet lu, yang kaya gini aja gak tau, Si Gerald sama Ella udah putus.”

Anin menutup mulutnya yang mulai terbuka karena kaget dengan ucapan Danver. Emang deh, kalo masalah gosip serahin ke Danver sama Rei, dari ujung ke ujung juga mereka bakal tau. “Masa sih? Le, bener Le?” tanya Anin tak percaya. Gue mengangguk.

“Anjing.”

“Lah kenapa lu yang kesel?”

“Si Ella tuh sayang banget sama kak Gerald, taunya itu cowok bajingan. Putusnya gara-gara apa?”

“Fokus Un, ceunah.”

Anin tertawa gelak sehingga beberapa pengunjung yang lain menengok ke arah kita ber-empat. Begitu juga dengan kak Biru yang sedang melayani pengunjung yang sedang membayar.

“DEMI APA SIH MASIH ADA? GAK. GAK. MAKSUD GUE GINI, HELLOOO? APAKAH KITA MASIH DI TAHUN 2012? KENAPA ALASAN TAI SEPERTI ITU MASIH ADA?”

“Tarik napas, Nin.”

“Hadeeeh, next gossip deh. Bahas Gege aja yuk Le!”

Gue tersenyum mengiyakan, “Eh tapi dia belum update-update tau, Nin.”

Anin menolehkan pandangannya ke Rei yang sedang menghabiskan Latte miliknya, “Apa?”

“Ramal, bwangggg!” ejek gue dan Anin.

“Nanti kayaknya pas uas kelas 12 selesai.”

“Lama bangettt!!!!!” keluh gue.

“Kata lo kan si Gege itu kelas akhir, ya dia mikirin sekolahnya dulu lah.”

“Makesense sih, Nin.”

Seraya mendengarkan temannya yang sedang bergosip, Danver menaruh hp-nya di tengah meja dan menampilkan podcast kak Gege. Netranya menatap ke arah gue. “Eh, Le, jujur deh, kak Biru itu Gege ya?”

Kenapa semua orang bilang kak Biru itu Gege, kupingnya pada kenapa sih???

“Apaan sih, beda ya,” jawab gue mengelak. Lagian pada aneh banget, Gege ya Gege, kak Biru ya kak Biru. Gak sama.

“Tuh kan, Ver, lo sama kaya apa yang bilang. Gue juga mengira kalo itu kak Biru, suaranya persis, terus beberapa cerita yang dia bawa hampir mirip sama cerita mereka berdua,” jelas Anin yang membuat gue mengidik ngeri. Sumpah ini temen gue pada kenapa sih?

Karena gue masih ngotot kalo itu bukan kak Biru, Danver mengarahkan jemarinya untuk memainkan podcast Gege dan meminta Rei untuk memilih ada di pihak mana. Udah 7 menit Rei memfokuskan dirinya ke suara tersebut, Anin dan Danver seperti sedang berdoa berharap kalau nantinya Rei ada di pihak mereka.

“Hadeeeh, podcast ini lagi,” keluh Cello tiba-tiba yang ada di depan meja gue, dengan santai ia menaruh bokongnya tepat disamping Danver dan tertawa mendengar alasan Danver kenapa memainkan podcast tersebut. “Jadi menurut lo si suara ini itu suara Biru?”

Danver dan Anin mengangguk, ia masih berharap Rei berada di pihaknya, begitu juga dengan kak Cello. Kayaknya, emang cuman gue yang waras disini.

“Biru! Sini, Bir. Ada tugas nih!” panggil kak Cello yang membuat muka teman-teman gue seperti kepiting rebus. Mereka lebih gak nyangka kalau kak Cello melebihi batas. Memanggil kak Biru dan menyuruhnya untuk mengikuti script yang dibawakan Gege.

“Eum.... lumayan,” ucap kak Cello.

“Mirip kan?”

“Lumayan lo berdua gila. Udah tau beda. Udah le, lo bener kok, beda jauh itu,” jawab kak Cello. Teman-teman gue gak terima, jadinya nyorakkin pendapatnya deh. Gue cuman tertawa melihat tingkah mereka.

Sedangkan di sisi lain, kak Biru dan Cello berjalan sambil bertepuk tangan, mereka berdua tertawa dengan keras, dan melakukan tos berulangkali. Ini lebih aneh dari temen-temen gue.