[Cerita Eca]

Hai sebelumnya maaf aku buat curhatan ini disini bukan di kolom announce karena yah ada banyak yang ingin aku ceritakan ke kalian tapi ga cukup space di kolom itu.

Pelan pelan aku bakalan cerita apa aja sih yang aku rasakan, apa yang jadi faktor utama aku berhenti ataupun apa feedback yang terjadi di hidupku setelah aku memutuskan buat berhenti dari semuanya.

Buat yang merasa malas bacanya cukup close aja karena aku ga minat sepersen pun buat dengar celotehan tidak masuk akal kalian yang menganggap aku terlalu membesar-besarkan dan merasa aku hanya pansos.

Big no, dan cukup nagajuseyo~

Ini real hanya curhatan gabutku wkwk.

So, di mulai dari apa yang kurasakan aja kali ya?

Kalau di tanya apa sih yang aku rasain setelah hampir 3 bulan lamanya nutup akun?

Jujur, I feel free, tanpa beban yang terasa berat, dan aku cukup enjoy dengan kegiatanku yang di luar dari dunia wattpad ini ketika rasanya aku dulu bahkan ga bisa ngebayangin aku hidup tanpa mengetik cerita. Itu rasanya aneh karena setiap kali aku bangun dan setiap kali aku lenggang ataupun mau tidur aku pasti bakalan check wattpad untuk baca semua coment-coment kalian. Thats why, ketika kalian ada yang dm aku dan curhat, aku tau kalian dan tanda dengan kalian kalau kalian ga ganti foto profil akun kalian. Ini juga jadi salah satu poin dimana kenapa akhirnya aku tau ada banyak hate dan hal yang ga baik buat aku yang aku pikir aku mampu buat ngabaikan hal itu tapi ternyata engga.

Aku yakin diantara kalian semua yang tentunya punya karya yang tidak jauh beda di apa yang aku tekuni selama bertahun-tahun ini sadar betul kalau kalian pasti bakalan ngecheck seluruh kolom komentar kalian setiap harinya. Apa hanya aku saja? Rasanya terlalu ga mungkin ahaha.

Disinilah dimulai semua rasa sakit, beban, lelah, dan hal lainnya yang membuat aku cepat ga puas dengan apa yang aku lakukan, aku merasa terlalu di kejar oleh sesuatu karena hasrat yang ingin memuaskan banyak orang, dan juga opini serta coment beberapa orang yang cukup mengganggu pikiranku terus menerus menumpuk dan ngebuat aku ngerasa ini udah terlalu toxic buat aku. Ini udah ga sehat lagi dan aku mundur.

Ada masanya dimana aku cuman bisa natap blank kearah layar hpku ketika aku mau ngetik karena writers block yang aku alami, atau ada masanya saat aku selesai mengupdate aku terlalu takut melihat respon orang dan memutuskan untuk nge log out akunku sambil berpikir negatif, dan ada masanya aku menghapus app wattpadku karena terlalu benci aku menangis dibawah ketikan jahat beberapa orang.

Kalau diantara kalian ada yang bilang “abaikan aja, anggap saja itu masukan buat lebih baik lagi”

No, thats not the point. Seberapa keras aku berusaha buat berpikir itu hanya ketikan kosong, sekeras itu pula aku sadar itu bullshit.

Just tell me, apa aku ngebuat sesuatu yang meresahkan kalian dengan sengaja? Apa ketikanku tidak cukup layak untuk di publish karena melanggar sesuatu dari syarat aplikasi? Apa aku pernah menggiring kalian ke sebuah hal yang buruk? Kalau pernah tolong ketuk dm ku dan bilang ke aku kalau aku pernah. Aku pasti bakalan minta maaf tanpa kesulitan.

Aneh rasanya kalian merasa risih dengan apa yang aku lakukan padahal nyatanya kalian yang tidak duluan mencari tau apa yang aku buat dan kerjakan.

Apa diantara kalian pernah merasa apa yang aku buat terlalu abuse? Terlalu sexual? Terlalu jahat hingga membuat kalian jijik buat membacanya? Aku rasa kalian yang selalu ngikutin akun ini tau jelas gimana aku yang terlalu payah buat mengetik cerita yang mengandur unsur dewasa.

Lucu ketika aku rasanya hafal luar kepala kata demi kata yang kalian berikan ke aku dengan jahatnya.

“Lo jahat”

“Lo ga manusia”

“Lo menjijikkan”

“Lo aneh”

“Gue ga habis pikir ada orang kek lo”

“Lo orang paling jahat sedu-” dan seterusnya.

Jadi, tolong jika kalian ga cukup puas dengan apa yang ada silahkan cari saja yang lain yang tentunya jauh-jauh lebih baik dari apa yang aku buat karena ketika jari kalian mengetik sesuatu yang jahat kalian juga mematikan jari para author yang merasa dunia ternyamannya ada di sana.

Hargai mereka yang sudah berani membuat karya meskipun itu ga sempurna karena semua orang butuh proses untuk belajar menjadi lebih baik. Jangan memberikan kata jahat dan kasar ke siapapun yang bahkan kamu ga kenal mereka siapa. Cukup buat dirimu ataupun temanmu yang kamu percayai. Dan jangan sampai kamu akhirnya merasakan itu juga nantinya karena ulah jarimu sendiri.

Terakhir, aku cuman mau bilang makasih makasih makasih banyak ke kalian semua yang bahkan masih setia menunggu aku disini untuk kembali. Maaf aku ga bisa balas coment kalian satu-satu karena aku terlalu bingung harus balas apa. Tapi percaya deh, aku tau dan bacain satu satu semuanya🤍🥺

Kedepannya, meskipun aku ga balik kesini, ataupun aku yang mungkin membuat akun baru demi melupakan hal lama. Tolong dukung aku kembali yaa, dukung aku untuk jadi eca yang lebih baik lagi bersama kalian semua:')

Sekian dari aku, manusia sederhana berusia 20 tahun yang hanya ingin kalian semua bahagia dan sehat selalu tentunya.

With love,

Eca