Martil

etika

Bagaimana Cara untuk Memulai Kembali?

Memulai kembali—-di titik ini bagi saya—-berarti kembali kepada dua hal. Yang pertama adalah kembali pada kesederhanaan; yang kedua adalah kembali kepada pondasi-pondasi dasar.

Saya merasa bahwa kebuntuan yang saya alami datang dari kompleksitas. Hidup memang punya kompleksitasnya sendiri. Ketika saya datang menjawab tantangan hidup dengan solusi yang kompleks, seringkali saya terjerat dalam usaha itu tanpa bisa keluar dengan keberhasilan. Ada kebutuhan besar bagi saya untuk kembali pada kesederhanaan.

Selain itu, saya melihat ada hubungan antara kesederhanaan dan pondasi-pondasi dasar dari kehidupan saya sendiri. Pondasi dasar yang saya maksud mencakup antara lain: nilai yang saya anut dan teknik/kemampuan yang miliki. Di tatar nilai, saya merasakan tarikan kuat untuk kembali menilik sumber keyakinan yang saya punya. Di tatar pengetahuan, saya ditarik untuk melihat latihan-latihan atau pengetahuan dasar yang pernah saya pelajari.

Ini yang saya berusaha bangun; ini yang saya berusaha mulai kembali.

Read more...